Jumat, 22 April 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHATANI DI UKUR DARI PRODUKSI YANG DIHASILKAN DALAM KEGIATAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativaL) DI DUSUN GIRIREJO KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA

I.                  PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang

Pengembangan pertanian sudah selayaknya berorientasi pada Resources base, yang berarti bahwa kedudukan sumberdaya alam pada suatu wilayah merupakan titik sentral perencanaan dan pelaksanaan. Evaluasi terhadap keberadaan suatu wilayah serta lokasi pengembangan berdasarkan agroekosistem, kesesuaian lahan dan potensi/peluang pasar dilakukan dalam penentuan prioritas komoditas dan alternatifnya (Badan Pusat Statistik, 2007).
Pembangunan pertanian perlu dilaksanakan dengan pendekatan perencanaan wilayah atau komoditas pertanian yang dikembangkan berdasarkan kesesuaian lahan/lokasi dan pendekatan agribisnis berbasis dipedesaan.
Kegiatan usahatani merupakan kegiatan produksi (input) untuk menghasilkan suatu produk (output) dimana kegiatan usahatani tidak terlepas dari penggunaan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk yang kemudian dijual (ditawarkan) kepasaran untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan usahatani tersebut.
Penawaran produk pertanian menyatakan hubungan jumlah produk pertanian yang ditawarkan dengan berbagai variabel yang mempengaruhi penawaran seperti teknologi, harga input, harga produksi komoditas lain, jumlah produsen, harapan produsen dan tujuan dari usahatani itu sendiri dianggap konstan/tetap (Moehar Daniel,2004).
Menurut Mayers (1989), penawaran merupakan suatu skala jumlah sesuatu benda yang ditawarkan pada sejumlah harga pada saat tertentu atau selama periode tertentu, ditambahkan Gilarso (1989), penawaran adalah jumlah dari suatu barang tertentu yang akan dijual pada berbagai kemungkinan harga untuk jangka waktu tertentu.
Hukum penawaran menyatakan bahwa semakin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan usahatani meliputi faktor intern dan faktor ekstern diantaranya adalah: faktor-faktor pada usahatani itu sendiri (intern) seperti; petani pengelola, tanah usahatani, tenaga kerja, modal, tingkat teknologi, kemampuan petani mengalokasikan penerimaan keluarga dan jumlah keluarga, faktor-faktor diluar usahatani (ekstern) antara lain; tersedianya sarana transportasi dan komunikasi, aspek-aspek yang menyangkut pemasaran hasil dan bahan usahatani (harga hasil, harga saprodi dan lain-lain) serta sarana penyuluhan bagi petani.  
Secara sektoral, sektor pertanian terdiri dari sub-sektor pertanian tanaman pangan, sub-sektor perkebunan, sub-sektor peternakan, sub-sektor perikanan, dan sub-sektor kehutanan. Dari semuanya, sub-sektor pertanian tanaman pangan khususnya padi merupakan penghidupan bagi sebagian besar penduduk indonesia. Komoditas hasil pertanian utamanya beras juga sangat berperan penting dalam memantapkan ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, kestabilan ekonomi dan kestabilan politik (Adiratma, 2004).
Padi merupakan salah satu komoditi penting di sektor pertanian di Indonesia. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia yang sebagian besar mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Sedemikian besarnya kebutuhan masyarakat akan padi membuat tanaman padi menjadi komoditas yang terus diusahakan budidayanya. Semakin lama jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah banyak, sehingga diperlukan tambahan luas lahan untuk usahatani padi di Indonesia guna memenuhi kebutuhan akan padi yang juga semakin meningkat. 
Sebagai sumber karbohidrat yang paling utama, beras merupakan komoditi pangan yang penting peranannya bagi pemerintah maupun rakyat indonesia. Beras dikonsumsi oleh hampir seluruh rakyat indonesia, terhitung bahwa partisipasi konsumsi beras mencapai 96,87%. Beras masih merupakan porsi terbesar dalam pengeluaran rumah tangga, terutama penduduk yang miskin. Diperkirakan 70% dari pengeluaran rumah tangga penduduk miskin dibelanjakan untuk pangan, sedangkan pengeluaran untuk beras diperkirakan mencapai 25% dari total pengeluaran rumah tangga (Pranolo, 2000).
   Dusun Girirejo merupakan salah satu daerah di Kelurahan Lempake yang sebagian besar penduduknya adalah petani. Pada wilayah Dusun Girirejo komoditi tanaman utama adalah padi sawah dengan luas tanam 200,00 ha dengan jumlah produktivitas 5,00 ton/ha (Data Monografi Kelurahan Lempake,2008).
Berdasarkan laporan tahunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kalimantan Timur pada tahun 2003-2007 untuk Kota Samarinda pemenuhan konsumsi tanaman padi mengalami fluktuasi. Pada tahun 2003 jumlah produksi siap konsumsi untuk tanaman padi sebesar 13.125 ton dan mengalami peningkatan produksi siap konsumsi tanaman padi pada tahun 2004 sebesar 14.779 ton dari jumlah produksi 25.520 ton namun pada tahun 2005 produksi siap konsumsi tanaman padi mengalami penurunan sebesar 11.659 ton dari jumlah produksi 20.105 ton sedangkan pada tahun 2006-2007 mengalami peningkatan sebesar 15.515-16.312 ton dari jumlah produksi 26.755-28.130 ton (Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kalimantan Timur,2007).
Dari uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Beras Di Tingkat Petani Di Dusun Girirejo  Kelurahan Lempake Kota Samarinda”.
1.2.Perumusan Masalah
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, maka yang menjadi masalah dalam penulisan ini adalah:
1.      Berapa produksi dan besar tingkat pendapatan petani padi sawah ( dalam bentuk beras) di Dusun Girirejo?
2.      Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi penawaran beras ditingkat petani di Dusun Girirejo?
1.3.Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
1.             Mengetahui produksi dan tingkat pendapatan petani padi sawah (dalam bentuk beras) di Dusun Girirejo
2.             Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran beras di tingkat   petani di Dusun Girirejo.
1.4.Manfaat Penelitian
1.             Melatih peneliti untuk dapat berpikir secara praktis, sistematis dan ilmiah.
2.             Bahan informasi bagi petani padi sawah dalam mengelola hasil panen padi berupa gabah dan beras.
3.             Bahan informasi dan perbandingan bagi peneliti lain yang ingin melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini.
4.             Sebagai sumbangan pemikiran bagi pembuat kebijaksanaan atau pemerintah dalam strategi pengembangan pertanian.
II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Pengertian Harga
Harga adalah sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen dengan manfaat memiliki atau menggunakan produk yang nilainya ditetapkan oleh pembeli dan penjual melalui tawar-menawar atau ditetapkan oleh penjual untuk satu harga yang sama terhadap semua pembeli (Umar, 2003).
Adam Smith dalam Gilarso (1992), mengemukakan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh biaya produksinya. Dalam masyarakat yang masih sederhana, nilai tukar atau harga suatu barang terutama ditentukan oleh banyak sedikitnya tenaga kerja manusia yang telah dicurahkan untuk menghasilkan barang tersebut. Tetapi dalam masyarakat yang lebih maju, biaya-biaya produksi lain ikut diperhitungkan juga, seperti upah tenaga kerja, biaya bahan-bahan, sewa tanah, bunga, modal, dan penyusutan.
Alfred Marshall dalam Gilarso (1992), menyatakan bahwa terjadinya nilai dan harga itu tidak ditentukan sepihak oleh produsen atau konsumen saja. Harga ditentukan oleh dua pihak tersebut secara bersama-sama, yaitu dalam interaksi antara produsen dan konsumen, atau dengan istilah lain penawaran (supply) dan permintaan (demand) bersama-sama. Biaya produksi memegang peranan penting karena merupakan dasar untuk penentuan harga jual.
Dalam hal komoditi pertanian, khususnya komoditi pertanian yang menyangkut orang banyak, harga sering diatur oleh pemerintah. Untuk meningkatkan upaya produktivitas, maka pemerintah membuat kebijakan perangsang produksi. Kebijakan perangsang berproduksi ini dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu kebijakan harga dan non harga (Daniel,2001)
Menurut Mubyarto (1994), suatu barang mempunyai harga karena dua sebab yaitu : barang itu berguna dan barang itu jumlahnya terbatas atau sering disebut dengan barang ekonomi, yang dalam ilmu ekonomi dinyatakan barang tersebut mempunyai permintaan (karena barang yang bersangkutan berguna) dan penawaran (karena jumlahnya terbatas). Jadi harga berhubungan dengan permintaan dan penawaran, yaitu apabila harga naik maka permintaan akan berkurang atau barang yang ditawarkan bertambah, sedangkan bila harga turun maka permintaan akan bertambah atau barang yang ditawarkan berkurang.
Gilarso (2002) mengemukakan bahwa secara umum guna membela produsen serta untuk melindungi para konsumen, pemerintah mengawasi, mengatur serta mengarahkan bekerjanya sistem pasar dan mengendalikan harga yang terbentuk di pasar yaitu dengan menyelenggarakan prasarana-prasarana yang perlu agar sistem harga bisa berfungsi dengan baik.
2.2. Tinjauan Umum Penawaran
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada  suatu  pasar  tertentu,  pada  periode  tertentu,  dan  pada  tingkat  harga tertentu. Secara spesifik, penawaran menunjukkan seberapa banyak produsen suatu barang mau dan mampu menawarkan perperiode pada berbagai kemungkinan tingkat harga, hal ini di asumsikan konstan (wikipedia indonesia, 2008). Menurut Sadono (2002), hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa Semakin tinggi harga  suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh  para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
Pada Gambar 1. Menunjukkan bahwa kurva penawaran ternyata naik dari kiri bawah ke kanan atas, ini menunjukkan bahwa antara harga dan jumlah barang berjalan dengan arah yang sama, maksudnya apabila harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga naik, tetapi sebaliknya apabila harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun.
               Harga (P)










                        Gambar 1. Kurva penawaran  Q Jumlah Barang (unit)

2.2.1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan usahatani
            Usahatani merupakan usaha dari suatu kesatuan antara kerja, modal, dan pengelolaan yang ditujukan untuk memperoleh produksi dilapangan pertanian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pembinaan usahatani, yaitu:
1.                  Organisasi usahatani, dengan perhatian khusus kepada pengelolaan unsur-unsur produksi dan tujuan usahanya.
2.                  Pola kepemilikan tanah usahatani.
3.                  Kerja usahatani, dengan perhatian khusus kepada pengelolaan unsur-unsur produksi dan tujuan usahanya.
4.                  Modal usahatani, dengan perhatian khusus kepada proporsi dan sumber petani memperoleh modal.
Menurut Hernanto (1996), faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usahatani adalah faktor intern dan faktor ekstern diantaranya adalah:
1.      Faktor-faktor pada usahatani itu sendiri (intern)
Seperti telah diungkapkan pada pengenalan terhadap usahatani, terlihat faktor-faktor antara lain : petani pengelola, tanah usahatani, tenaga kerja, modal, tingkat teknologi, kemampuan petani mengalokasikan penerimaan keluarga dan jumlah keluarga.
2.                  Faktor-faktor diluar usaha tani (ekstern)
Faktor-faktor di luar usahatani yang dapat berpengaruh terhadap berhasilnya suatu usahatani antara lain adalah:
a.       Tersedianya sarana transportasi dan komunikasi
b.      Aspek-aspek yang menyangkut pemasaran hasil dan bahan usahatani (harga hasil, harga saprodi dan lain-lain)
c.       Sarana penyuluh bagi petani
Menurut Suratiyah (2006), faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya biaya dan pendapatan adalah:
1.                  Faktor internal dan eksternal
Faktor internal dan eksternal saling mempengaruhi biaya dan pendapatan diantaranya faktor internal terdiri dari: umur, pendidikan, pengetahuan, pengalaman, dan  keterampilan, jumlah tenaga kerja keluarga, luas lahan dan modal. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari keseterdiaan dan harga.
2.      Faktor manajemen
Disamping faktor internal dan eksternal maka manajemen juga sangat menentukan. Dengan faktor internal tertentu maka petani harus dapat mengantisipasi faktor eksternal yang selalu berubah-ubah dan tidak sepenuhnya dikuasai. Petani sebagai manajer harus dapat mengambil keputusan dengan berbagai pertimbangan ekonomis sehingga diperoleh hasil yang memberikan pendapatan optimal.
2.3. Biaya Produksi
Menurut Soekartawi (1990), istilah faktor produksi sering pula disebut dengan korbanan produksi, karena faktor produksi tersebut dikorbankan untuk menghasilkan produksi. Faktor produksi tersebut berupa lahan, tenaga kerja, modal dan manajemen.
Biaya produksi adalah sebagai kompensasi yang diterima oleh pemilik faktor-faktor produksi, atau biaya-biaya yang dikeluarkan oleh petani dalam proses produksi, baik secara tunai maupun tidak tunai. Biaya tetap adalah jenis biaya yang besar kecilnya tidak tergantung pada besar kecilnya produksi, misalnya sewa atau bunga tanah yang berupa uang. Biaya variabel adalah biaya yang besar kecilnya berhubungan dengan besarnya produksi, misalnya pengeluaran-pengeluaran untuk bibit, pupuk, dan sebagainya (Daniel, 2002).
Menurut Soekartawi (1987), biaya produksi adalah nilai semua faktor produksi yang digunakan baik dalam bentuk barang atau jasa selama produksi berlangsung. Biaya tersebut terdiri atas sewa tanah, bunga modal, biaya sarana produksi untuk benih, pupuk, pestisida dan sejumlah tenaga kerja. Menurut Mosher (2002), biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan oleh petani dalam proses produksi, baik secara tunai maupun tidak tunai. Biaya yang dikeluarkan oleh seorang petani dalam proses serta membawanya menjadi produk disebut biaya produksi. Termasuk didalamnya barang yang dibeli dan jasa yang dibayar di dalam maupun di luar usahatani. Di dalam jangka pendek, satu kali produksi dapat dibedakan biaya tetap dan biaya berubah (Hernanto,1996).
2.4. Penerimaan
Menurut Boediono (2002), menambahkan penerimaan adalah penerimaan produsen dari sejumlah produksi tertentu yang diterima atas penyerahan sejumlah barang pada pihak lain. Menurut Mosher (2002), bahwa penerimaan dibidang pertanian adalah produksi yang dinyatakan dalam bentuk uang tunai sebelum dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan selama kegiatan usahatani. Menurut Hernanto (1996), penerimaan usahatani adalah penerimaan dari sumber usahatani meliputi jumlah penambahan inventaris, nilai penjualan hasil dan penggunaan rumah tangga yang dikonsumsi. Penerimaan usahatani akan mendorong petani untuk mengalokasikannya dalam berbagai kegunaan seperti untuk biaya periode selanjutnya, tabungan dan pengeluaran lain untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Secara umum petani mengharapkan keuntungan dan penerimaan akan lebih besar dari biaya tunai yang telah mereka keluarkan.
Menurut Kamaruddin (1982), ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbesar penerimaan antara lain :
1.                  Memperbesar sumber-sumber yang dapat dipakai, sumber tersebut adalah sumber produksi.
2.                  Meningkatkan efisiensi untuk setiap penggunaan faktor produksi.
3.                  Mengubah lingkungan sosial kultural, sehingga sumber-sumber produksi dapat ditambah dengan hasil yang memuaskan.
Penerimaan usahatani menurut Sudarsono (1995), dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
TR = P . Q
Keterangan:
TR = total penerimaan (total revenue);
P    = harga jual (price);
Q   = jumlah (quantity).
2.5. Pendapatan
Menurut Mosher (2002), pada bidang pertanian pendapatan merupakan produksi yang dinyatakan dalam bentuk uang setelah dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan selama kegiatan usahatani. Menurut Daniel (2002), Pendapatan adalah hasil bruto dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk biaya usahatani seperti bibit, pupuk, obat-obatan, biaya pengolahan tanah, upah menanam, upah pemeliharaan dan biaya panen.
Menurut Boediono (1985), menyatakan pendapatan dibagi dua bagian sebagai berikut:
1.                  Pendapatan kotor usahatani yaitu nilai total usahatani dalam jangka waktu tertentu baik dijual maupun tidak dijual atau dalam istilah lain adalah nilai produksi penerimaan kotor usahatani.
2.                  Pendapatan bersih usahatani yaitu selisih antara pendapatan kotor usahatani dan biaya produksi sebagai upah buruh, pembelian pupuk, bibit, dan obat-obatan yang digunakan dalam usahatani.
2.6. Tinjauan Umum Padi Sawah
2.6.1.  Syarat Tumbuh  Tanaman Padi

Tanaman padi (Oryza  sativa L.) merupakan tanaman semusim dan termasuk dalam suku  padi-padian (Graminae,  sinonim  Glumiflorae,  sinonim Poaceae). Padi tersebar  diseluruh   dunia   dan   tumbuh di hampir  semua  bagian dunia yang memiliki  cukup air dan suhu udara cukup hangat. Adapun suhu udara untuk lahan rawa adalah 26 sampai 34º C dengan  kelembapan lebih dari 80% dan intensitas penyinaran 5 jam/hari. Produksi padi  di dunia menempati urutan ketiga dari   semua  serealia setelah   jagung   dan gandum. Namun demikian, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia.
2.6.2.   Klasisfikasi Tanaman Padi

Berdasarkan taksonominya   maka klasifikasi ilmiah dari tanaman padi dapat dilihat sebagai berikut (Wikipedia Indonesia, 2006):
Kingdom         :  Plantae

Divisi                    :  Spermathophyta
 Kelas              :  Angiospermae
 Sub kelas        : Monocotyledone
 Ordo               : Graminales
 Famili              :  Graminacae
Sub famili         :  Oryzidae

Genus              :  Oryza

Spesies             :  Oryza sativa L.

2.6.3.  Morfologi Tanaman Padi

Menurut  Aksi  Agraris  Kanisius  (2004)  dan  Wikipedia  Indonesia  (2006), padi  merupakan  tanaman  dengan  ciri-ciri                                yaitu  berakar  serabut,  batang  beruas- ruas  dengan  panjang  batang  yang  berbeda-beda,  daun  berbentuk  lanset  (sempit memanjang),  urat  daun  sejajar,  memiliki  pelepah,  sisik  dan  telinga  daun,  anakan tumbuh pada dasar batang, bunga tersusun sebagai bunga majemuk dengan satuan bunga  berupa  floret  (floret  tersusun  dalam  spikelet  atau  bunga  padi),  dan  yang terakhir buah dan biji sulit untuk dibedakan karena berupa bulir atau kariopsis.
2.6.4.  Jenis-jenis Tanaman Padi

Menurut  sifat,  cara  dan  tempat  bertanam,  tanaman  padi  dapat  dibedakan

(Aksi Agraris Kanisius, 2004):

1.   Padi Ladang

Padi ladang adalah padi yang ditanam pada tanah hutan yang baru dibuka.

2.   Padi Sawah

Padi sawah adalah padi yang ditanam dengan pengairan sepanjang musim atau setiap saat.
3.   Padi Gogo

Padi  gogo  adalah  padi  yang  ditanam  pada  tanah  tegalan  atau  tanah  kering secara menetap.
4.   Padi Gogorancah

Padi gogorancah adalah padi yang ditanam pada tanah sawah atau tanah tadah hujan.
5.   Padi Lebak

Padi lebak  adalah  padi yang  ditanam didaerah  rawa  yang rendah,  lahan akan tergenang air pada musim hujan sedangkan pada musim panas akan kering.
6.   Padi pasang Surut

Padi  pasang  surut  adalah  padi  yang  ditanam di daerah  pasang  surut,  dimana keadaan airnya dipengaruhi pasang surutnya air sungai atau laut.
2.6.5. Usahatani Padi Sawah       
 Produktivitas usahatani khususnya padi sawah dapat ditingkatkan semaksimal mungkin, dengan cara melaksanakan sistem yang dianjurkan kepada petani, yaitu:
1.      Cara bercocok tanam
Langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam bercocok tanam padi sawah, yaitu :
a.       Pengolahan tanah, dapat dilakukan dengan membajak atau mencangkul. Tujuan pengolahan tanah adalah untuk memperbaiki tata udara tanah sehingga menghasilkan suatu tempat tumbuh yang baik bagi padi sawah, mengendalikan gulma, dan meratakan permukaan tanah sehingga air mudah diatur. (Aksi Agraris Kanisius, 2006).
b.      Persemaian, harus disiapkan sebaik-baiknya agar diperoleh bibit yang baik dan sehat. Tujuan persemaian adalah memberikan keadaan lingkungan yang baik untuk perkembangan dan awal bagi tanaman padi.
c.       Jarak tanam, perlu diatur supaya tidak terjadi persaingan dalam hal mendapatkan unsur hara, sinar matahari, dan memudahkan penyiangan. Jarak tanam bujur sangkar, yaitu 20 x 20 cm dan 25 x 25 cm, tetapi jarak tanam yang mudah digunakan masih tergantung pada varietas, kesuburan tanah dan musim (Aksi Agraris Kanisius,2006).
d.      Jumlah bibit biasanya dua atau tiga bibit per lubang dan dengan kedalaman sekitar 3 cm.
e.       Penyiangan, bertujuan agar tanaman utama bebas dari gulma. Sebelum penyiangan, air dipetakan dan lubang pemasukan serta pengeluaran harus ditutup. Menurut Aksi Agraris Kanisius (2006), penyiangan mekanis sebelum tanaman berumur 30 hari setelah tanam dan penyiangan kedua pada umur 55 hari setelah tanam.
f.          Penyulaman, bertujuan agar populasi tanaman per satuan luas tanam tidak berkurang dengan mengganti rumpun-rumpun yang mati dan dilakukan 5-7 hari setelah tanam.
2.      Penggunaan Varietas Unggul
Varietas unggul adalah varietas yang bersifat genetiknya dapat memberikan hasil yang tinggi per satuan luas dan waktu. Varietas unggul padi ini mempunyai sifat-sifat seperti daya hasil tinggi, berumur pendek, tahan terhadap hama dan penyakit. Selain itu juga memenuhi selera petani seperti mutunya baik, rasanya enak, tidak mudah rontok, dan mudah perawatannya (Aksi Agraris Kanisius, 2006).
3.       Pengairan (irigasi)
         Menurut Aksi Agraris Kanisius (2006), pengaturan pemberian air pada tanaman padi sawah, yaitu :
a.     Awal pertumbuhan
 Setelah bibit padi ditanam, petakan sawah diairi sedikit demi sedikit,  sehingga air mencapai 2-3 cm dari permukaan tanah.
b.     Pembentukan anakan (pertunasan)
      Pada masa pertunasan, genangan air dipertahankan setinggi 3-5 cm. Pengairan yang lebih tinggi dari 5 cm dapat menghambat pembentukan anakan (tunas),
c.     Pembentukan tunas bulir
 Air sangat dibutuhkan pada masa pembentukan calon-calon bulir, karena pada periode ini petakan-petakan sawah perlu banyak dialiri setinggi 10 cm karena kekurangan air pada masa ini akan mengganggu pembentukkan malai, pembungaan, dan pembuahan.
d.    Pembuangan
 Pada masa ini kebutuhan air mencapai puncaknya, sebab bila kekurangan air akan terjadi kehampaan. Supaya pembungaan bisa serempak, maka sebelum berbunga diberi air secukupnya, agar bisa menghisap zat-zat makanan dan air sebanyak-banyaknya yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan masa pembungaan tersebut.
4.       Pemupukan
Pemupukan dilakukan dengan cara disebar pada permukaan sawah dan diinjak-injak. Kedalam air pada saat pemupukan dalam keadaan macak-macak dan semua saluran ditutup. Kemudian sawah boleh diairi kembali setelah 2-4 hari dari waktu pemberian pupuk (Aksi Agraris Kanisius, 2006). Pemupukan bertujuan untuk memperbaiki kesuburan tanah dengan memberikan zat hara pada tanah guna menyumbang bahan makanan bagi tanaman (Siregar,1981).
5.       Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian hama yang dianjurkan adalah pengendalian hama dan penyakit secara terpadu. Hama yang biasa menyerang tanaman padi adalah serangga, tungau, siput, tikus, sedangkan penyakit yang umumnya disebabkan oleh jamur, bakteri, virus dan nematoda. (Djafarudin,2006).
6.       Panen
Pemanenan dilakukan apabila bulir-bulir padi sudah masak dengan cara memotong malainya. Kemudian gabah dikeringkan untuk meningkatkan kualitas gabah. Gabah yang kering perlu dipisahkan dari bulir yang mentah dan kotoran-kotoran yang tercampur selama perontokan dan pengeringan seperti daun dan tangkai padi. Akhirnya dilakukan penyimpanan gabah yang merupakan langkah untuk menunggu saat yang tepat untuk dijual atau digiling (Aksi Agraris Kanisius, 2006).
         Salah satu pengolahan pasca panen yaitu penggilingan padi. Penggilingan padi adalah usaha yang digerakkan dengan tenaga mesin dan ditujukan serta digerakkan untuk mengolah padi atau gabah menjadi beras putih (sosoh). Pengolahan padi merupakan pekerjaaan yang sukar bila dilakukan dengan tangan. Pengolahan padi ini memerlukan kegiatan-kegiatan yang kolektif dan terpusat. Maka dari itu, untuk memperkecil kerugian pada waktu panen dan pasca panen, efisiensi dalam tiap-tiap langkah pengeringan, perontokan, penggilingan, dan penyimpanan harus ditingkatkan (Aksi Agraris Kanisius,2006).
         Keadaan alami sebelum digiling, kebanyakan butir gabah padi-padian mempunyai sturktur dan nilai gizi yang sebanding. Teknik penggilingan seringkali sangat bervariasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Pada suatu daerah, petani menggunakan cara tradisional dan menggunakan mesin perontok. ini menyebabkan adanya variasi dalam kandungan zat gizi dalam pangan hasil penggilingan (Aksi Agraris Kanisius,200^).
2.7. Beras Sebagai Bahan Pokok
Bahan makanan pokok bagi rakyat indonesia terdiri dari jagung, sagu, singkong, gandum, dan beras. Kesemua jenis bahan makanan pokok ini merupakan komoditas sumber karbohidrat yang dihasilkan oleh pertanian rakyat. Tidak ada satu pun perusahaan besar yang ikut memproduksi komoditas tersebut. Oleh karena itu jumlah produksi dari komoditas tersebut tidak pernah mencukupi kebutuhan nasional. Dilihat dari segi kebutuhannya, komoditas tersebut dapat dipisah menjadi dua golongan yaitu komoditas superior dan inferior. Beras dianggap komoditas superior, sedangkan komoditas yang lain seperti jagung, sagu, singkong, dan gandum dianggap sebagai komoditas inferior meskipun dari segi gizi tidak jauh berbeda maka akhirnya semua penduduk yang awal pemakan makanan-makanan tersebut beralih ke beras.
Beras merupakang golongan biji padi-padian yang sudah banyak dibudidayakan diindonesia. Sedang jaman dulu padi adalah salah satu bahan makanan yang mengandung gizi dan karbohirat yang cukup baik bagi manusia, sebab didalamnya terkandung bahan-bahan yang mudah diubah menjadi energi, oleh karena itu padi disebut juga sebagai makan energi.
Beras memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan bangsa indonesia sebagai bahan makana pokok utama, beras di konsumsi lebih dari  96,87% rakyat ini, bahkan sebagian besar bangsa Asia memilih komoditi beras sebagai bahan makanan pokoknya (Pranolo, 2000).
Di Indonesia posisi beras dalam konsumsi rumah tangga sangat menonjol. Pengeluaran untuk membeli beras rata-rata sebesar 25 % dari pengeluaran total rumah tangga. Sebagai sumber kalori utama bagi sebagian besar rakyat indonesia, beras memiliki pangsa 57% dari total konsumsi kalori, demikian pula dengan konsumsi protein, beras merupakan sumber protein yang penting, lebih dari 40% pemasukan protein disumbang melalui beras (Amang,1994).
Menurut Soemartono (1983), dari 100 gr beras pecah kulitnya mengandung 345 kalori, 8 gr kadar protein, 2,5 kadar lemak, 75 gr kadar tepung dan ada sedikit vitamin dan mineral. Disamping itu beras yang baik ditentukan oleh banyaknya beras yang utuh, jumlah kotoran, banyaknya batu, banyaknya beras yang belum terkelupas, kadar air, dan banyaknya butir mengapur. Persyaratan kualitas beras pengadaan dalam negeri terdiri dari:
1.      Bebas dari hama penyakit
2.      Bebas bau apek, asam, atau bau-bau asing lainnya
3.      Bersih dari campuran dedak.
4.      Baik secara visual maupun organoleptik.
III. KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS

3.1. Kerangka Pemikiran
            Seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa penawaran adalah jumlah komoditas atau output baik berupa barang atau jasa  yang akan dijual oleh produsen kepada konsumen adapun fungsi penawarannya adalah persamaan yang menghubungkan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor intern seperti; umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas lahan ditanami dan faktor ekstern seperti; ketersediaan saprodi, harga beras, dan harga benih
            Kegiatan usahatani memerlukan faktor produksi. Faktor produksi yang digunakan dalam kegiatan usahatani antara lain lahan, tenaga kerja, dan modal. Petani harus mengeluarkan biaya memperoleh faktor produksi tersebut. Penerimaan diperoleh dari penjualan hasil produksi. Hasil usahatani dapat diketahui dari tinggi rendahnya keuntungan usahatani. Keuntungan usahatani ditentukan dengan cara mengurangi penerimaan usahatani dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk kegiatan usahatani tersebut. Tinggi rendahnya keuntungan usaha tani tergantung dari penggunaan faktor produksi petani makin tinggi penggunaan faktor produksi (input) makan makin besar pula jumlah produksi dan secara tidak langsung pendapatan akan meningkat, tetapi juga harus dingat bahwa penggunaan faktor produksi yang berlebihan bisa jadi berdampak pada penawaran hasil dan menyebabkan usaha tani tidak efisien.
Gambar 1. Kerangka pemikiran
3.2. Hipotesis
Hipotesis yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah diduga umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas tanam dan harga beras berpengaruh terhadap penawaran beras di Dusun Girirejo Kelurahan Lempake  Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.
IV. METODE PENELITIAN
4.1. Waktu dan Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu mulai bulan Agustus sampai bulan Oktober  2009 dengan lokasi penelitian penelitian di Dusun Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.
4.2. Definisi Variabel dan Pengukurannya
Untuk mendapatkan pengertian yang lebih jelas mengenai apa yang diteliti, maka diberikan uraian variabel yang diteliti, cara pengukuran dan satuan yang digunakan sebagai berikut:
1.        Responden adalah para petani padi sawah yang berada di lokasi penelitian.
2.        Produksi adalah hasil dari keseluruhan usaha pertanian padi sawah (kg ha-1)
3.        Penawaran beras ditingkat Petani adalah jumlah beras yang ditawarkan  ke pasar pada berbagai kemungkinan tingkat harga (kg).
4.        Faktor-faktor penawaran beras adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran beras yaitu, umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas tanam, dan harga beras.
5.        Harga beras adalah harga beras kontrak yang berlaku di lokasi penelitian. (Rp kg-1)
6.        Harga benih padi adalah harga benih padi kontrak yang digunakan petani (Rp kg-1)
7.        Biaya produksi adalah biaya total tetap dan biaya total tidak tetap yang meliputi:
a.    Biaya penyusutan alat dengan cara menghitung harga pembelian dibagi dengan umur teknis alat yang bersangkutan (Hernanto,1989) (Rp).
b.    Biaya sarana produksi yang meliputi harga benih padi , harga pupuk, harga pestisida (Rp).
c.       Biaya tenaga kerja keluarga maupun upahan yang dihitung menurut sistem upah yang berlaku di Dusun Girirejo kelurahan Lempake  Kota Samarinda, yaitu dikonversikan atau disetarakan dengan tenaga kerja pria dewasa yang menurut Soekartawi (1986), adalah:
                                    1 HOK wanita                        = 0,8 HOK Pria
                                    1 HOK anak-anak       = 0,5 HOK Pria
8.        Penerimaan adalah penerimaan yang diperoleh petani dari hasil penjualan produk (Rp).
9.        Pendapatan adalah selisih antara penerimaan dengan biaya produksi berupa biaya sarana produksi, biaya penyusutan alat dan biaya tenaga kerja (Rp).
4.3. Metode Pengambilan Data
Data yang diperlukan untuk penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara mengadakan pengamatan langsung dan mengadakan wawancara terhadap responden dengan menggunakan kuisoner yang telah disusun dengan tujuan penelitian.
4.4. Metode Pengambilan Sampel
Pengambilan sampel di tingkat petani dilakukan dengan metode acak sederhana (Simple Random Sampling). Di Dusun Girirejo terdapat 155 petani yang melakukan usahatani padi sawah dan dari populasi tersebut didapatkan sebanyak 34 sampel. Untuk menghitung besarnya sampel digunakan rumus yang dikemukakan oleh Rakhmat (1997) sebagai berikut :
                                                 n =      N
N (d2) +1
keterangan :
n    =    jumlah sampel/petani responden keseluruhan;
N   =    jumlah populasi/petani padi sawah keseluruhan;
d2 =     presisi (Tingkat kesalahan)
Berdasarkan rumus di atas, maka jumlah sampel dari petani padi sawah di Dusun Girirejo adalah :
                                                           = 34 petani sampel
          Tingkat presisi yang digunakan penulis sebesar 15% berdasarkan:
  1. Kemampuan peneliti dilihat dari segi waktu, tenaga, dan dana.
  2. Sempitnya luas wilayah pengamatan dari setiap subyek, karena hal menyangkut banyak sedikitnya datad
  3. Besar kecilnya resiko yang ditanggung petani. 
            Adapun jumlah kelompok tani yang mengusahakan tanaman padi berjumlah 8 kelompok tani, sehingga dari hasil perhitungan kemudian distratifikasi berdasarkan jumlah kelompok tani yang akan dijadikan sampel dalam penelitian. Secara rinci dapat dilihat pada tabel 1.
Tabel 1. Jumlah sampel responden usahatani beras Dusun Girirejo Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.
No.
Kelompok tani
Jumlah
Sampel
1
2
3
4
5
6
7
8
Panca Setia
Panca Usaha
Panca Karya
Tunas Muda
Unggul
Maju
Makmur
Bina Usaha
39
19
17
21
13
13
16
17
8
4
4
5
3
3
3
4
Jumlah
155
34
Sumber : Data Sekunder (diolah)
4.5.   Metode Analisis Data
Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel kemudian dianalisis, dibahas dan ditarik kesimpulan. Menurut Boediono (1985), untuk mengetahui besarnya keuntungan (Profit) petani padi sawah responden, dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:
                                                π = TR – TC
dimana :          π      =    Keuntungan (Profit) yang diperoleh dalam suatu unit  satuan   produksi.
                 TR   =    Total Revenue atau penerimaan total produsen dari hasil penjualan outputnya, yaitu produksi (Q) x harga jual (P)
                 TC   =    Total Cost atau biaya total adalah penjumlahan baik dari biaya tetap (TFC) maupun biaya tidak tetap (TVC)
Maka rumus diatas dapat diuraikan sebagai berikut:
                 π = (P.Q) – (TFC + TVC)
Untuk mengetahui apakah usaha tersebut menguntungkan atau tidak dipakai nilai R/C (Hernanto, 1996) yaitu: 
dimana:  =  Revenue cost Rasio atau Pendapatan
TR = Total Revenue atau jumlah penerimaan yang didapat dari produksi di kali harga
            TC = Total Cost atau jumlah biaya produksi
Kriteria Pengujian :
Bila R/C > 1, berarti dapat dikatakan usaha itu menguntungkan.
Dan bila R/C ≤ 1, berarti dapat dikatakan usaha tersebut tidak mendapat keuntungan (Soeharjo dan Patong, 1984).
Analisis data yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penawaran beras baik faktor intern dan ekstern yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda.
Menurut Supranto (1994), model regresi linear berganda adalah sebagai berikut:              
Keterangan :
        = Produksi Beras
X1        = Umur Petani
X2        = Pengalaman Petani
X3        = Jumlah Tanggungan Petani
X4        = Luas lahan yang di tanami
X5        = Harga Beras
b0         = Koefisien intersef
b1- b5   = Koefisien regresi
εi         = Epsilon
Menurut Hadi (2004), untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas (penawaran beras) maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F melalui tabel sidik ragam, sebagai berikut:
Tabel 1. Sidik Ragam
Sumber Keragaman
Db
Jumlah Kuadrat
Kuadrat Tengah
F hitung
Regresi
Sisa 
k
n-k-1
JKR
JKS
KTR
KTS
KTR/KTS
Total
n-1
JKT



Keterangan:
k                      : Banyaknya Variabel
n                      : Jumlah Sampel
JKR                 : Jumlah Kuadrat Regresi
JKS                 : Jumlah Kuadrat Total
KTR                : Kuadrat Tengah Regresi
KTS                 : Kuadrat Tengah Sisa 
Keterangan:
KTR: Kuadrat Tengah Regresi
KTS: Kuadrat Tengah Sisa
Dengan hipotesis:
H0 : b1 = b2 = b3 = b4 = b5 = 0
Ha : tidak semua sama (setidaknya ada bi ≠ 0)
Kaidah keputusan:
1.        Bila F hitung > F tabel (α= 0,05), maka H0 ditolak Ha diterima berarti umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas tanam, harga beras secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap penawaran beras.
2.        Bila F hitung < F tabel (α= 0,05), maka H0 diterima Ha ditolak berarti umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas tanam, harga beras secara bersama-sama tidak berpengaruh nyata terhadap penawaran beras.
Menurut Hadi (2004), untuk mengetahui besarnya kontribusi (share) dari Variabel bebas (X) terhadap Variasi baik turunnya variabel tidak bebas (Y) dihitung koefisien determinasi dengan rumus:
Keterangan :
R2        : Koefisien Determinasi
JKR     : Jumlah Kuadrat Regresi
JKT     : Jumlah Kuadrat Total
Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas (X) terhadap variabel tidak bebas (Y) dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, sebagai berikut:
             ; dimana
Keterangan :
bi                     : Koefisien regresi untuk  b1, b2, b3, b4, b5
Se (bi)              : Standar error untuk b1, b2, b3, b4, b5
Se                    : Standar error
Hipotesis:
H0 : b1 = b2 = b3 = b4 = b5
Ha : bi ≠ 0
Kaidah keputusan :
1.        Bila t hitung ≤ t tabel , maka H0 diterima Ha ditolak berarti umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas tanam, harga beras tidak berpengaruh nyata terhadap penawaran beras.
2.        Bila t hitung ≥ t tabel, maka H0 ditolak Ha diterima berarti umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani,luas tanam, harga beras berpengaruh nyata terhadap penawaran beras.
DAFTAR PUSTAKA

Aksi Agraris Kanisius. 1991. Dasar-dasar Bercocok Tanam. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Aksi Agraris Kanisius. 2004. Budidaya Tanaman Padi. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Alihamsyah, T. 2003. Potensi dan Pendayagunaan Lahan Rawa untuk Peningkatan Produksi Padi. Hlm. 327-346. Dalam Faisal Kasryno, dkk (peny.). Ekonomi Padi dan Beras Indonesia. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian, Jakarta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Boediono. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 (Ekonomi Mikro). BPFE, Yogyakarta.

BPS. 2006. Kalimantan Dalam Angka 2006. Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur, Samarinda.

BPTP Kalimantan Timur. 2006. Budidaya Padi Pada Lahan Pasang Surut. http://bp2tp.deptan.go.id/file/kaltim1.pdf. 10 December 2006.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Dinas Pertanian dan Peternakan. 2006. Identifikasi Kampung Penghasil Padi dan Palawija. Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Berau, Tanjung Redeb.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan. 2006. Data Penggunaan Lahan Kalimantan Timur, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kaltim, Samarinda.

Hernanto, F. 1995. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Jumin, H. B. 1991. Dasar-dasar Agronomi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kantor Desa Bebanir Bangun. 2006. Monografi dan Profil Desa Bebanir Bangun. Desa Bebanir Bangun Kec. Sambaliung, Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Lembar Informasi Pertanian (LIPTAN) BIP Irian Jaya. 1995. Budidaya Padi Sawah Tanpa Olah Tanah. Balai Informasi Pertanian Irian Jaya, Jayapura.

Lingga, P. dan Marsono. 2002. Petunjuk Pennggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta.

Litbang Deptan. 2006. Prospek dan Arah Pengembangan Agriisnis Padi. http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/files/0104.PADI.pdf. 10 December 2006.

Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT. Pustaka LP3ES, Jakarta.

Nappu, B., dkk. 2003. Analisis Kebijakan Strategis dalam Mendukung Sistem Usahatani Berkelanjutan di Lahan Pasang Surut Sebakung Kalimantan Timur. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. 6:81-94.

Nasution. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah). PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Nazir, M. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Noor, M. 1996. Padi Lahan Marjinal. Penebar Swadaya, Jakarta.

Novizan. 2002. Petunjuk Penggunaan Pestisida. Agromedia Pustaka, Jakarta

Prihmantoro, H. 2001. Memupuk Tanaman Buah. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rosyidi, S. 2001. Pengantar Teori Ekonomi (Pendekatan kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi, dkk. 1986. Ilmu Usaha Tani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Penerbit UI Press, Jakarta.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian (Teori dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2005. Agribisnis (Teori dan Aplikasinya). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suastika, I. , Basaruddin, N. dan Tumarlan, T. 1997. Budi Daya Padi Sawah di Lahan Pasang Surut. http://www.pustaka.deptan.go.id/agritech/isdp0105.pdf. 10 December 2006.

Sudarmo, S. 2003. Pestisida untuk Tanaman. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Sukirno, S. 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sutedjo, M.M., dan A.G. Karasapoetra. 1988. Budidaya Tanaman Padi di Lahan Pasang Surut. Bina Aksara, Jakarta.

Sutopo, L. 2004. Teknologi Benih. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Widodo, H.S.T. 1991. Indikator Ekonomi Dasar Perhitungan Perekonomian Indonesia. Kanisius, Yogyakarta.

Wikipedia Indonesia. 2006. Ensiklopedia Bebas Berbahasa Indonesia. http://www.id.wikipedia.org/wiki/padi. 18 February 2006.

Wudianto, R. 2005. Petunjuk Penggunaan Pestisida. Penebar Swadaya, Jakarta.



45 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS hanya 5 orang.
    DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo semua,
      Nama saya Tuan Rugare Sim. Saya tinggal di Belanda dan saya orang yang bahagia hari ini? dan saya memberi tahu diri saya bahwa pemberi pinjaman mana pun yang menyelamatkan saya dan keluarga saya dari situasi miskin kami, saya akan merujuk siapa pun yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi kebahagiaan kepada saya dan keluarga saya, saya membutuhkan pinjaman € 300,000.00 untuk memulai hidup saya dari awal karena saya seorang Ayah tunggal dengan 2 anak, saya bertemu dengan pemberi pinjaman yang jujur ​​dan takut akan Allah ini yang membantu saya dengan pinjaman €300,000.00, dia adalah pria yang takut akan Allah, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjamannya, silakan hubungi dia, beri tahu dia bahwa (Tuan, Rugare Sim) merujuk Anda kepadanya. Hubungi Bapak, Mohamed Careen melalui email: (arabloanfirmserves@gmail.com)


      FORMULIR INFORMASI APLIKASI PINJAMAN
      Nama depan......
      Nama tengah.....
      2) Jenis Kelamin: ........
      3) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: .........
      4) Durasi Pinjaman: ........
      5) Negara: ........
      6) Alamat Rumah : ........
      7) Nomor Ponsel: ........
      8) Alamat email ..........
      9) Pendapatan Bulanan: ........................
      10) Pekerjaan : ..................................
      11) Situs mana yang Anda kunjungi di sini tentang kami ........................
      Terima kasih dan Salam Hormat.
      Email arabloanfirmserves@gmail.com

      Hapus
  2. awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan kyai dimas kanjeng atau bisa dibilang uang berganda tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi kyai dimas kanjeng saya minta bantuan uang berganda sama beliau .dan saya IBU NIA di BANDUNG benar-benar sudah membuktikan demi allah bahwa kyai dimas kanjeng bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makanpun susah ,alhamdulillah dengan bantuan kyai dimas kanjeng saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya beliau membantu saya uang berganda 700 juta .saya sangat berterimah kasih kepada kyai dimas kanjeng atas bantuan beliau ,dan saya ibu nia di bandung menyapaikan kepada saudarah-saudarah yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi 082_349_535_132 KIYAI DIMAS KANJEN TAAT PERIBADI saya sudah membuktikannya sendiri

    BalasHapus
  3. Saya akan merekomendasikan siapa pun yang mencari pinjaman Bisnis ke Le_Meridian, mereka membantu saya dengan pinjaman Empat Juta USD untuk memulai bisnis Quilting saya dan itu cepat. Ketika mendapatkan pinjaman dari mereka, mengejutkan betapa mudahnya mereka bekerja. Mereka dapat membiayai hingga jumlah $ 500,000,000.00 (Lima Ratus Juta Dolar) di wilayah mana pun di dunia selama ada 1,9% ROI yang dapat dijamin pada proyek tersebut. Prosesnya cepat dan aman. Itu benar-benar pengalaman positif. Hindari penipu di sini dan hubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. jika Anda mencari pinjaman bisnis.

    BalasHapus
  4. jadi tau sekarang, makasih yah kak infonya

    al falaq

    BalasHapus
  5. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola dan email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland 'untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  6. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammer. Saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  7. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000 ,. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih atas kerja keras Tuhan yang baik dalam hidup saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  8. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  10. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dunia, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka ada yang mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan peminjaman yang curang di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan peminjaman palsu.

    Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan keadaan saya kemudian perkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

    Saya mendapatkan pinjaman Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya ajukan, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, lebih baik Anda menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

    Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  11. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  12. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    yang tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  13. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres. Saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  14. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    BalasHapus
  16. Am Fx Bambang Kartiko Putro dari Surabaya dan saat ini tinggal di Jl otista 82 RT 010 RW 012 Bidara Cina, Jatinegara Jakarta, Indonesia.

    Saya ingin mengucapkan selamat kepada perusahaan Pinjaman Ibu Rika Anderson atas dana cepat dan aman yang mereka berikan kepada saya tanpa jaminan.

    Saya mendapat 250 juta (Rp250.000.000) pada tanggal 28 Juli 2020 (28/08/2020) dari ibu Rika Anderson Loan Company dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak-anak saya dan bisnis furnitur.

    Saya menyarankan siapapun di Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi ibu rika. Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yang dapat saya jamin 100% tanpa kekecewaan.

    Kontak melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    WA +1 (323) -689-3663
    Twitter: LoanRika
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloan Tanggal: 28 Juli, 2020
    Email Saya: bambang.kartiko101@gmail.com
    Twitter: @kartikoBambang
    Instagram: bambang.kartiko101

    BalasHapus
  17. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda

    BalasHapus
  18. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  19. Tolong Anda semua harus membaca apa yang saya katakan. . . .

    Perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan yogyakarta.

    Keinginan dan impian saya yang tertinggi adalah ingin memiliki usaha atau toko sendiri, tetapi jika hanya mengandalkan gaji saja, mungkin akan membutuhkan waktu yang sangat lama dimana sewa dan biaya anak yang terkumpul hanya akan semakin sulit dan semakin lama. mimpi itu tidak akan terwujud

    Saya coba "buka internet dan saya lihat postingan orang-orang sukses dibantu oleh seorang ulama dari sana saya coba hubungi dia, awalnya saya terus sms sampai mendapat balasan dari perusahaan disitulah kesuksesan saya dimulai. Jika mau mendapatkan cara mudah SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL melalui bantuan penarikan dana lebih oleh seorang ulama ketua pondok pesantren shohibul Qur'an, dan terakhir Saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar hutang alhamdulillah kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui bantuannya.Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
    Sekali lagi saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Erlina Tuty Sartika karena telah merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.

    Hubungi bunda REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com Untuk penjelasan lebih detail silahkan. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662

    Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan apapun, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.
    Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan peminjaman resmi ini Ny. Erlinatutysartika15@gmail.com

    Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, sekarang saya bagikan pengalaman yang sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin ...

    BalasHapus
  20. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  21. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus
  22. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  23. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  24. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  25. Saya Ratu Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta Barat, Indonesia, waktu ini saya gunakan untuk teman-teman Indonesia saya yang sudah ketahuan mencari pinjaman, anda hanya perlu hati-hati, saya menghabiskan 12 juta untuk membeli bantuan pinjaman.

    Saya melihat testimoni online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman tanpa jaminan dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON, Lady Amalia Anmangkurat di email amaliaanmangkurat@gmail.com dan email Harumah Madzulkifli email harumahmadzulkifli@gmail.com. Saya bertanya kepada Ibu Margaretha Asmaran di email margarethaasmaran@gmail.com dan Vania Hilman di email vaniahilmanaki@gmail.com Saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur.

    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah THE RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya mendapat pinjaman bisnis online saya sebesar Rp. 500.000.000 dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Yang lainnya semua adalah pembohong, tapi pinjaman perusahaan RIKA ANDERSON mengembalikan impian dan kebahagiaan saya.
    alamat email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Kontak / Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Email pribadi saya: queenchahaya@gmail.com.
    WA +6282235421239
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua telah mendengarkan permintaan saya untuk nasihat.

    BalasHapus
  26. LEMBAGA KEUANGAN INI BERADA PADA KEBAKARAN

    TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

    Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


             KONTAK PERUSAHAAN
    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


    Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
    Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
    Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


    Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                                  KONTAK SAYA
    Nama Saya ::: Rizky Indah
    Email :: indahrizky490@gmail.com
    Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
    WA saya ::: + 62858 8161 8874

    BIJAKLAH

    BalasHapus
  27. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)


    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah


      .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
    `’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).(onebillionrisingfund@gmail.com) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).

    Perusahaan  Alamat Email:::onebillionrisingfund@gmail.com
    Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND
    Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDRPerusahaan
    Perusahaan WHATSAPP: +1 267 526 5352
    Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA
    Email Saya::::efendiqueenlisa@gmail.com
    Negara :::: Indonesia
    Perusahaan Terpercaya

    TARIMA KASIH

    BalasHapus
  28. PROGRAM PINJAMAN MUDAH

    Selama masa ekonomi yang tidak menentu ini, banyak orang menghadapi situasi di mana mereka dapat menggunakan bantuan keuangan. Baik untuk keadaan darurat, perbaikan rumah, utang konsolidasi, atau bahkan liburan keluarga - pinjaman pribadi berbunga rendah adalah cara yang aman dan andal untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda. Di Alta Finance LLC, kami mengkhususkan diri dalam program pendanaan Pinjaman yang andal dan efisien.

    Silakan kunjungi situs web kami untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan kami www.altafinance.org

    Hubungi saya melalui email pribadi saya untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses peminjaman kami

    Email: robertraymond@altafinance.org
    Whatsapp: +17026022533

    Terima kasih.

    BalasHapus
  29. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  30. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari nyonya karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan dan meyakinkan saya untuk menghubungi nyonya karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi nyonya karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan disahkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Mrs karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  31. Sungguh luar biasa bagaimana saya mendapat pinjaman sebesar Rp150.000.000. Nama Saya Ibu Mainunah Elsa Saya warga negara Indonesia. saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tapi saya senang setelah bertemu dengan IBU KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu itu: Email: (karinarolandloancompany@gmail.com)

    NAMA PERUSAHAAN = PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    WHATSAP = +15857083478
    FACEBOOK = ELENA KARINA ROLAND
    INSTAGRAM = ROLAND KARINA
    EMAIL= KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    NAMA= MAINUNAH ELSA
    NEGARA = INDONESIA
    NAMA AKUN =, MAINUNAH ELSA
    BANK= BANK NEGARA INDONESIA
    PINJAMAN DISETUJUI = Rp 150.000.000
    EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM

    BalasHapus
  32. selamat hari untuk semua orang di indonesia dan juda untuk semua orang di asia, nama saya mrs. fatimah fahariah, saya ingin membuktikan membuktikan hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara indonesia saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mendapatkan kredit dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui kredit online tetapi saya ditipu dan saya ganti Rp 17,000,000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan kredit, jadi saya berkreasi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA, jadi saya tidak percaya perjanjian dan hubungi Ny. KARINA

    Saya meminta kredit sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan kredit dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan Jaminan dan jaminan untuk transfer. kredit. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat persetujuan lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu menyetujui saya leadima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga karena MRS KARINA membuat hidup saya mudah, membuat saya bertanya kepada siapa pun yang tertarik mendapatkan kredit untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk5 pinjaman8-3478

    Akhirnya, saya ingin mendukung Anda untuk semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca membuktikan hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
  33. NAMA SAYA..........RIKRIK BUDIANTI,
    NEGARA............INDONESIA
    KOTA.............BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN......Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA..........rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, warga negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet dan tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tetapi akhirnya terhubung dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY di mana dia mendapatkan pinjamannya. . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menyimpan semua yang meminjam dari saya dan kepada Tuhan kemuliaan saya mendapat pinjaman sebesar Rp.150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan di sini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri, saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    melalui atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com)  +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan bagaimana saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    HANYA WHATSAPP........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK.........KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL.........KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  34. LEMBAGA KEUANGAN INI TERBAIK DI BIDANG PEMBERIAN PINJAMAN
    TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

    Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


             KONTAK PERUSAHAAN
    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


    Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
    Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
    Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


    Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                                  KONTAK SAYA
    Nama Saya ::: Rizky Indah
    Email :: indahrizky490@gmail.com
    Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
    WA saya ::: + 62858 8161 8874

    BIJAKLAH

    BalasHapus
  35. LEMBAGA KEUANGAN INI TERBAIK DI BIDANG PEMBERIAN PINJAMAN

    TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

    Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


    KONTAK PERUSAHAAN
    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


    Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
    Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
    Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


    Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

    KONTAK SAYA
    Nama Saya ::: Rizky Indah
    Email :: indahrizky490@gmail.com
    Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
    WA saya ::: + 62858 8161 8874

    BIJAKLAH

    BalasHapus
  36. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    KOTA : BATU MALANG JATIM
    WHATSAPP SAYA: +62 877-4316-8500
    HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berbalik.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tapi kompilasi saya berpikir hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya mencoba untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga saya dapat mengambil manfaat darinya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui katakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata, dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi IBU KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478 atau +1 323 230-9820
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    INSTAGRAM: KARINA ROLAND
    TWITTER: KARINA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  37. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari nyonya karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia menyuruh saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi nyonya karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi nyonya karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan disahkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Mrs karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 atau +1(323) 230-9820 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut bout Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  38. Nama: Malik
    Negara: Indonesia
    Jenis Kelamin.: Pria
    Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
    WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
    Lamar Sekarang :(financialserviceauthority400@gmail.com)


    DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
    ____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

    email:((m7472736@gmail.com))


    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  39. Pembuktian : Ibu Pertiwi Gesang
    Alamat: Pangkalpinang, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp90.000.000
    Bank Sentral Indonesia
    Email penguji: pertiwigesang@gmail.com

    Saya Ibu Pertiwi Gesang dari Pangkal pinang, ini email saya jika ingin menghubungi saya: pertiwigesang@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman modal usaha sebesar Rp90.000.000 juta dari pemberi pinjaman yang sah karena saya telah terlilit hutang dan saya telah mencoba meminjam uang dari bank dan pemberi pinjaman online tetapi saya selalu gagal.

    Saya bahkan tertipu sampai saya melihat email ibu Ashraff Nabilah nabilahashraff@gmail.com dan Amalia Anmangkurat di facebook dan blog dengan email amaliaanmangkurat@gmail.com testimoni di platform ini tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

    Saya menghubungi CEO, Ibu Rika Anderson, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Rika Anderson dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 3 jam aplikasi saya, jumlah 90 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya . Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY perusahaan pinjaman yang sah.

    CEO PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: https://rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012

    BalasHapus
  40. HARI BAIK UNTUK SEMUA!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari  Indonesia Saya telah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan mendirikan bisnis
    yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya menceritakan semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa Dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman apa pun yang saya butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang sangat rendah, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia memberi tahu saya cara mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , saya melamar mereka di Email : (  mariaalexander818@gmail.com   ) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka ( mariaalexander818@gmail.com  ) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi segera hubungi ( mariaalexander818@gmail.com
    ) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman pinjaman Anda untuk tawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman saya dari perusahaan ini tanpa tekanan apapun.


    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    NOMOR HUBUNGI:+1 254-276-8402
    WHATSAPP: +1 254-276-8402


    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semua karena Anda mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH MEMBERKATI KALIAN SEMUA.

    BalasHapus
  41. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100billion)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    BalasHapus
  42. No Deposit Bonus Codes 2021 | CasinoMD
    The best no 서울특별 출장안마 deposit bonus codes for 2021 광양 출장안마 · Best Casino Promos and Promo Codes · 10CRIC 울산광역 출장안마 · Best Casino 강릉 출장샵 Bonus Code for No Deposit Bonuses 2021 서울특별 출장샵 · Top No Deposit

    BalasHapus
  43. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddyteddy2234@gmail.com

    BalasHapus
  44. Saya LEONY DORA PATTY dari Perum Ivory, jl. Kendangsari III/20A, kav.B6, Surabaya, ingin mengucapkan selamat kepada ibu Rika Anderson Lender perusahaan atas dana puasa dan uang yang mereka pinjamkan kepada saya tanpa agunan.

    Saya mendapat $6.214,00 (Rp91.041.936) dari ibu Rika dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak saya dan pengembangan bisnis.

    Hubungi oleh
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com
    email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    Nomor Whatsapp Saya: +62 818-9018-511
    Email: nyratyy@gmail.com
    Negara: Indonesia
    kota : surabaya
    Jumlah: $6.214,00 (Rp92.000.000)
    Instagram: nyratyy
    Twitter: @DoraLeony

    BalasHapus